HomeREFLEKSIFILMFilm : Vakansi yang Janggal dan Penyakit Lainnya

Film : Vakansi yang Janggal dan Penyakit Lainnya

FILM IDE NERA TV KEBUDAYAAN 0 3 likes 305 views

Kejanggalan Vakansi tidaklah terwujud dalam garis cerita utama, alias perjalanan dinas yang diulur-ulur menjadi bulan madu dadakan, tapi pada eksplorasi audiovisual yang berlangsung sepanjang durasi film. Lewat serangkaian long take, kita diminta untuk ikutan berlama-lama menatapi stagnansi kehidupan Jarot, yang seharian kerjanya nonton televisi di rumah sambil sesekali jual bensin eceran. Lewat penyuntingan nonlinear, kita diajak untuk menyingkap momen-momen acak dalam perjalanan Ning dan Mur mengantar sofa, yang berpuncak pada suatu malam di penginapan.

Janggal karena kita jarang melihat kegagalan domestik dan perselingkuhan sedingin ini. Sinema kita cenderung memperlakukan keduanya sebagai perkara melodramatis kalau tidak menye-menye. Belum lagi kita bicara moral normatif yang sinema kita bebankan pada keduanya—kesannya kegagalan hubungan manusia adalah sesuatu yang tidak mungkin di negeri ini, dan kalaupun mungkin ia harus berakhir baik-baik. Vakansi santai saja mengolah semua itu. Terlebih lagi, Vakansi secara subtil berhasil menerjemahkan kegagalan domestik dan perselingkuhan dalam konteks budaya Jawa: dansa malu-malu dan penuh sungkan, yang saling menyilang tapi tak pernah bersentuhan.

BACA JUGA :   Smartphone or Smartpeople

Film ini dapat disaksikan dengan memesan melalui :   http://buttonijo.com/products/copy-of-vakansi-yang-janggal-dan-penyakit-lainnya

EXECUTIVE PRODUCER
Iwan Hanono
CINEMATOGRAPHER
Bayu Prihantoro Filemon
DIRECTOR Yosep Anggi Noen EDITOR BW Purba Negara
CAST
Christy Mahanani
Joned Suryatmoko
Muhammad Abe
Uda John
Please share,