HomeAKSIUndangan menulis esai : Membongkar Rezim Fanatisme
Undangan Menulis Esai

Undangan menulis esai : Membongkar Rezim Fanatisme

AKSI FILSAFAT KOMUNITAS MITRA KARYA 0 0 likes 643 views

Fakultas Filsafat Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS)  kembali mengadakan Simposium Nasional. Pada Simposium Nasional ke VI ini, panitia mengangkat tema “ Membongkar Rezim Fanatisme”. Simposium nasional ini merupakan agenda tahunan Fakultas Filsafat UKWM Surabaya.

“Semakin hari rasionalitas semakin dipinggirkan, sebagai gantinya fanatisme terhadap identitas suku, agama, ras, ideologi menjadi lebih dominan. Itulah yang jadi latar belakang kami mengangkat tema ini” kata Stefanus Tommy, Divisi Publikasi Simpoisum VI kepada Idenera.

Baca juga : Driyarkara : Mengkritik, mengoreksi dan memperbaiki sosialitas preman

Tommy mengatakan bahwa fanatisme telah menjelma dalam berbagai bentuk, mulai dari fanatisme agama, fanatisme politik, fanatisme budaya hingga fanatisme klub bola. Fanatisme kemudian menjadi ‘bahan bakar’ utama yang melatarbelakangi suatu tindakan kekerasan yang akan mengancam kepentingan publik atau kebaikan bersama.

“Dalam simposium kali ini kami berharap bisa mendapat jawaban atau setidaknya menggalia persoalan yang lebih mendalam dari pertanyaan mendasar“apa itu fanatisme?” dan “Mengapa orang bisa menyingkirkan rasionalitas kemudian jatuh dalam fanatisme?” jelas Tommy.

Simposium Nasional VI Fakultas Filsafat UKWM Surabaya ini akan menghadirkan Muhhammad Al Fayyadl, tokoh NU,  Aktivis Gerakan Sosial dan Akademisi; Samsul Maarif, Peneliti Cross Religion and Cultural Studies dan Trias Kuncahyono  dari Litbang Kompas.

Baca juga : Film biopik boleh dramatis, tapi harus lebih jujur pada sejarah

Untuk menjaring gagasan masyarakat terkait fanatisme, pantia mengundang semua kalangan baik mahasiswa, akademisi, aktivis sosial, profesional hingga masayarakat umum untuk menuliskan esai  sepanjang 500-800 kata.  Adapun sub tema yang menjadi bahan esai  adalah : 1). Fanatisme dalam Agama, 2). Fanatisme dalam Pusaran Ekonomi-Politik 3). Budaya Tanding Menanggapi Fanatisme.

 “Teman-teman yang nanti mengirimkan esai, dibebaskan dari  biaya kontribusi untuk mengikuti Simposium Nasional VI” lanjut Tommy.

Simposuim Nasional “Membongkar Rezim Fanatisme” akan diselanggarakan pada tanggal 5 mei 2018, bertempat di Kampus Universitas Katolik Widya Mandala, Pakuwon City Surabaya.

Catatan dari panitia :

Cara Pendaftaran

  1. Tulisan sepanjang 500 – 800 kata, diketik dengan font Times New Roman, 12 pt, margin normal, spasi 1.5 pt
  2. File tulisan di simpan dalam format .doc atau .pdf
  3. File tulisan dikirimkan ke e-mail simposiumnasional.ukwms@gmail.com  paling lambat pada tanggal 21 April 2018.
Please share,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *