HomeAKSIAJI dan PPMI Surabaya Mengajak Pers Mahasiswa Belajar Jurnalistik
Kelas Bersama AJI Surabaya

AJI dan PPMI Surabaya Mengajak Pers Mahasiswa Belajar Jurnalistik

0 139 views share

AJI Surabaya dan PPMI (Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia) Kota Surabaya mengadakan Ruang Belajar Jurnalistik untuk Jurnalis Pers Mahasiswa di Surabaya.

Kegiatan ini diikuti 14 Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) dari beberapa kampus di Surabaya, Sidoarjo dan Gresik. Pekan pertama kegiatan ini diselenggarakan di C20, Sabtu 8 februari 2020.

Ruang Belajar ini diselengarakan selama tiga bulan dengan enam kali pertemuan. Pada pekan pertama ini para Jurnalis Pers Mahasiswa belajar tentang cara mendapatkan ide liputan, memilih angle berita, metode riset data, dasar-dasar jurnalisme presisi, dan menyusun ToR liputan.

Miftah Faridl, Ketua AJI Surabaya. Foto : Andre Yuris

Miftah Faridl Ketua AJI Surabaya mengatakan insiatif mengadakan ruang belajar bersama tentang jurnalistik ini cara AJI menjaga jaringan dengan aktivis pers kampus.

BACA JUGA :   Rembuk Perjumpaan Tionghoa Indonesia di Kaki Gunung Penanggungan

” Kelas bersama ini ikhtiar AJI Surabaya untuk memperkuat jaringan dengan pers kampus. Juga agar antar Presma dapat berjejaring, bertukar informasi dan membuka ruang kolaborasi ” jelas Faridl.

Selain itu, Kelas Bersama ini juga merupakan upaya AJI Surabaya agar kapasitas aktivis Presma semakin membaik. Dengan demikian produk jurnalistik yang mereka hasilkan semakin berkualitas, berdampak, dan mendapatkan basis pembaca di kampus maupun di luar kampus.

Para peserta sedang mendengarkan penjelasan tentang Ruang Kelas Bersama.
Foto : Andre Yuris

Ruang Kelas Bersama diampu oleh jurnalis lintas media dan akademisi. Seluruh rangkaian kegiatan diselenggarakan di C20 Lib & Co, Jl. Dr Cipto 8 Surabaya. Selain materi di kelas, peserta nanti juga mengadakan kerja lapangan dan kunjungan ke beberapa kantor media massa di Surabaya.

BACA JUGA :   Aksi Melawan Hoax
Please share,