HomeNARASIKEBUDAYAANAlam di Tengah Kota : Sebuah Pameran Foto Lintas Jalan di Dugonics Tér, Szeged
Pameran Foto Lintas Jalan di Dugonics Tér, Szeged

Alam di Tengah Kota : Sebuah Pameran Foto Lintas Jalan di Dugonics Tér, Szeged

KEBUDAYAAN LINGKUNGAN TEKNOLOGI 0 0 likes 637 views

Hari pertama saya datang ke kota Szeged (Hungaria), teman saya mengajak ke Dugonics Tér, sebuah taman di depan Rektorat Universitas Szeged.

Semua tampak baru bagi saya dan menarik. Namun yang membuat saya kembali hingga tiga kali sesudah hari tersebut ialah sebuah pameran foto.

Sewaktu teman saya mengatakan sedang diadakan pameran foto, saya mencari-cari di mana letak panel-panel atau pigura-pigura dipasang. Saya tidak menemukan. Ternyata pameran foto mengenai alam ditampilkan pada layar-layar (screen) digital. Ada 623 foto dari sang fotografer, Bence Máté, yang ditayangkan pada 15 layar digital.[1]

Pameran Foto Lintas Jalan di Dugonics Tér, Szeged, Hungaria. Foto : Jessica

Relasi Seni dan Teknologi

Seni dan Teknologi punya akar kata yang sama dalam bahasa yunani techne yang artinya kurang lebih ialah ketrampilan. Dalam seni dibutuhkan ketrampilan, demikian juga dalam teknologi. Seorang pelukis membutuhkan ketrampilan menggores garis dan mencampur warna, dan seorang ahli teknik sipil membutuhkan ketrampilan untuk menghitung kekuatan dan luas bangunan. Namun lebih dari itu, seni adalah sebuah penyingkapan, begitu kata Heidegger, Filsuf Jerman abad 19-20.

BACA JUGA :   Neratalk : Indonesia mau tidak mau terikat dan terhubung dengan mitos
Pameran Foto Lintas Jalan di Dugonics Tér, Szeged, Hungaria. Foto : Jessica

Bagi saya, pameran foto di Dugonics Tér ini juga sebuah penyingkapan. Bagaimana tidak? Di tengah-tengah kota, saya bertemu dengan kehidupan jerapah, babi hutan, semut, pelikan dan berbagai hewan lain yang biasa hidup di hutan. Saya bisa menghayati hidup mereka dari jarak yang sangat dekat, bisa melihat bagaimana mata pelikan bertemu dengan mata ikan si mangsanya, juga bagaimana semut-semut pemotong daun yang rajin itu membawa petal bunga dan daun dari berbagai warna.

Namun demikian, pertemuan ini tidak bisa terjadi tanpa adanya teknologi yang hadir di tengah pertemuan antara saya dan alam. Layar-layar digital dengan ketajaman warna dan ukuran panelnya yang besar menyingkapkan keberadaan alam yang jauh dari tempat tinggal saya sekarang. Di sini teknologi bersifat hermeneutis (bdk. Francis Lim, Filsafat Teknologi) karena alam hadir ke hadapan saya dan para penyimak foto yang lain melalui alat-alat dan teknik fotografi yang perlu ditafsirkan.

BACA JUGA :   Pedoman Pemberitaan Media Siber di Indonesia
Caption foto dalam pameran Foto Lintas Jalan di Dugonics Tér, Szeged, Hungaria. Foto : Jessica

Lalu, mengapa penyingkapan terhadap alam ini menarik? Selama ini, dari masa pencerahan hingga abad-20 dan masih berlanjut hingga sekarang, alam sudah seringkali dikerangka dalam pikiran yang kalkulatif tentang “apa untungnya bagi manusia?”, demikian menurut Heidegger. Ketika berhadapan dengan alam, manusia modern mengedepankan rasionalitas teknologisnya yang berpusat pada kegunaan bagi manusia. Dimensi yang paling mendasar dari alam tak pernah jadi persoalan serius. Akibatnya, eksploitasi terhadap alam meningkat dan kerusakan alam tak lagi terhindarkan. Dalam kerangka rasionalitas teknologis inilah manusia justru menjadi semakin terasing dari alam. Itulah sebabnya penyingkapan terhadap alam (termasuk melalui fotografi dan pameran di tempat terbuka)  masih penting dan relevan hingga hari ini. Kalau kita hanya tahu alam bisa ditukar dengan duit maka habislah alam kita!

BACA JUGA :   Oei Hiem Hwie : Tidak semua kita bisa membaca sejarah dengan utuh

Sumber:

  • Hauskeller, Michael, Seni-Apa itu? Posisi estetika dari Plato sampai Danto, Monika J. Wizemann, Satya Graha (Penerj.), Yogyakarta: PT Kanisius, 2015.
  • Lim, Francis, Filsafat Teknologi: Don Ihde tentang Manusia dan Alat, Yogyakarta: PT Kanisius, 2008.
  • Martin Suryajaya, Sejarah Estetika: era klasik sampai kontemporer, Yogyakarta: Penerbit gang kabel dan Indiebook Corner, 2016.

[1] (https://matebencekiallitas.hu/stec_event/mate-bence-kiallitas-szeged-dugonics-ter/)

Please share,