HomeAKSIBelajar Disiplin dan Tanggungjawab Bersama Kelas Tunas di SDN Kebonagung Bojonegoro

Belajar Disiplin dan Tanggungjawab Bersama Kelas Tunas di SDN Kebonagung Bojonegoro

AKSI LIPUTAN MITRA KARYA 0 3 likes 185 views

Kelas Tunas Nera Academia kembali mengadakan kegiatan character building di SDN Kebonagung Bojonegoro, Sabtu (02/11/2019).

SDN Kebonagung terletak di perbatasan Propinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sekolah ini sudah tiga tahun terakhir menjalin kerjasama dengan Nera Academia dalam Program Pengembangan Karakter (character building) khusus bagi siswa kelas V dan VI.

Joana Liani, Manager Kelas Tunas mengatakan, walaupun merupakan kegiatan rutin yang telah berlangsung selama tiga tahun; model, metode dan materi terus dikembangkan agar sesuai dengan kebutuhan anak dan perkembangan situasi belajar yang sudah dilakukan oleh guru mereka.

Dinamika kelompok bersama Fasilitator Kelas Tunas. Foto : Dok Kelas Tunas Nera Academia

“ Untuk kali ini yang kami fokuskan pada habitus disiplin dan tanggungjawab dalam belajar” kata Liani.

Disiplin dan tanggungjawab menurut Liani penting dalam penggalian potensi anak-anak. Dan juga  agar para siswa memiliki habitus baru dalam hidupnya sehari-hari dan bisa berpengaruh baik bagi lingkungan terdekatnya.

BACA JUGA :   Pemerintah Harus Melindungi Minoritas Keagamaan di Yogya!

Terkait peserta, program character building ini hanya diikuti kelas V dan VI. Pihak sekolah beralasan agar siswa kelas V lebih siap menghadapi ujian akhir semester, sedangkan untuk kelas VI agar bisa mempersiapkan ujian nasional dan transisi belajar di jenjang SMP nantinya.

Joko Sukirno , Kepala Sekolah SDN Kebonagung Bojonegoro (tengah, berbaju batik biru) bersama relawan Kelas Tunas Nera Academia. Foto : Dok. Kelas Tunas Nera Academia

Kepala Sekolah SDN Kebonagung Joko Sukirno,  mengatakan bahwa dengan berkolaborasi dengan relawan Kelas Tunas Nera Academia, anak-anak belajar hal lain selain yang didapat di dalam kelas. Mereka mendapat pengalaman baru dan semakin menumbuhkan tanggungjawab dalam hidup kesehariannya

“Semoga Kelas Tunas di SDN Kebonagung Bojonegoro terus berlanjut sehingga nantinya anak-anak bisa terus mendapat pengalaman baru dan berkembang menjadi pribadi yang baik ” kata Joko Sukirno

BACA JUGA :   More Than Work, Catatan atas Tubuh Perempuan di Media

Bagi Farel dan Riska, dua diantara siswa yang ikut program ini mengaku  mendapat kesempatan belajar hal baru diluar rutinitas belajar di sekolah.

“ Saya senang ada kegiatan ini karena bisa belajar tanggungjawab dan disiplin ” kata Farel.

Senada dengan Farel, Riska siswi kelas V juga mengatakan selain mendapatkan pengetahuan baru kegiatan ini juga membantu membangun kepercayaan diri dalam belajar .

“Banyak pelajaran yang dapat di permainan yang diberikan. Kakak-kakaknya juga lucu dan baik, jadi kegiatannya jadi asyik,” kata Riska

Nabila, Relawan Kelas Tunas yang menjadi fasilitator program ini mengatakan program ini tidak hanya jadi pembelajaran bagi anak-anak tapi juga bagi para relawan. Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unesa ini  mengaku belajar berhadapan dan berdinamika dengan anak-anak.

BACA JUGA :   Penutupan Sekolah Ansos 2017: Berdampak dan terlibat mengatasi kesenjangan
Nabila, Relawan Kelas Tunas bersama anak-anak SDN Kebonagung. Foto : Dok. Kelas Tunas Nera Academia

“Awalnya anaknya malu-malu tapi hanya di awal, setelah itu asyik dan ide-idenya tidak terduga,” kata Nabila.

Kegiatan Character Building ini, diikuti oleh 16 siswa, didampingi oleh wali kelasnya masing-masing dan 7 relawan Kelas Tunas. Para siswa terlihat sangat antusias mengikuti setiap sesi yang berlangsung sejak pagi hingga tengah hari.

Kegiatan ini ditutup dengan menanam pohon di halaman Sekolah sebagai pengingat bagi para siswa untuk selalu merawat komitmen supaya cita-citanya tercapai.

Please share,