HomeAKSIGotong Royong “Fundraising dan Open Donation” bersama Kelas Tunas Jemundo

Gotong Royong “Fundraising dan Open Donation” bersama Kelas Tunas Jemundo

0 share

Sejak akhir April 2020 lalu, pendampingan belajar bagi adik-adik penyintas tragedi Sampang yang telah berlangsung 5 tahun oleh Kelas Tunas Nera Academia diputuskan berhenti. Pendemi Covid-19, membuat relawan Kelas Tunas dan Nera Academia meliburkan semua kegiatan.

Dengan berakhirnya PSBB, pendampingan belajar di Jemundo kembali dilanjutkan. Untuk itu, semua kegiatan pendampingan harus sesuai dengan protokol kesehatan agar relawan dan adik-adik terlindungi. Juga untuk menyiapkan adik-adik yang akan bersekolah lagi di era kelaziman baru atau new normal.

Namun untuk menjalani pendampingan di era kelaziman baru, Relawan dan adik-adik serta keluarganya penting untuk mendapatkan perlindungan yang memadai agar meminimalisir resiko penularan Covid-19.

Untuk itu, Relawan Kelas Tunas Nera Academia mengadakan penggalangan dana (fundraising) dan donasi terbuka untuk pengadaan Alat Perlindungan Diri (APD), hygine kit, vitamin, materi kampanye kesehatan dan sembako untuk keluarga-keluarga yang tinggal di Rusunawa Jemundo.

Bagi yang belum mengenal Kelas Tunas dan Nera Academia, berikut cerita singkatnya :

BACA JUGA :   Kelas Tunas Nera Academia : Semangat Kartini di Rusun Jemundo

Tentang Nera Academia

NERA ACADEMIA sebelumnya bernama NERA HKY. Awal mulanya dibentuk tahun 2008 sebagai lembaga diskusi dengan nama NERA HKY oleh Andre Yuris, Abner Raya, Ferdinand Oki dan Fransiskus Gandi. Nera HKY pada waktu itu mengadakan diskusi, penerbitan newsletter, dan blog www.nerahky.wordpress.com yang masih bisa diakses hingga saat ini.

Pada tahun 2012 Nera Academia mengalami reorganisasi menjadi lembaga sosial umum, diaspora dan heterogen. Sejak saat itu, Nera HKY berubah nama menjadi NERA ACADEMIA. dan sejak itu sampai sekarang Nera Academia terbuka bagi siapapun yang berkehendak baik, dengan latar agama, suku, pendidikan, pekerjaan dan tingkat ekonomi apapun.

Aktifitas Nera Academia, secara regular mengadakan diskusi, pelatihan/studi dan workshop. Juga kerap dilibatkan sebagai fasilitator dalam kegiatan orang muda dan menginisiasi promosi/kampanye isu sosial kemasyarakatan. Nera Academia dalam menjalankan aktivitas mengandalkan swadaya atau hasil gotong royong relawan.

BACA JUGA :   Apa sebenarnya akar kekerasan kalangan terpelajar?

Tentang Kelas Tunas Nera Academia

Kelas Tunas merupakan salah satu bidang karya Nera Academia di bidang pendidikan anak dan remaja. Saat ini mendampingi anak di Rusunawa Jemundo, dan berkolaborasi dengan SDN Kebon Agung Bojonegoro dan SMPK St. Louis Cepu.

Kelas Tunas di Jemundo bermula pada tahun 2015 setelah Nera Academia menjadi pendamping persiapan Ujian Nasional bagi adik-adik penyintas tragedi Sampang  di Rusunawa Jemundo Sidoarjo.

Hingga saat ini, relawan Kelas Tunas melakukan pendamping tiap Sabtu dan Minggu. Pandemi Covid-19 memaksa kami meliburkan kegiatan pendampingan sejak akhir April 2020 lalu.

Anak-anak yang didampingi Kelas Tunas Nera Academia di Jemundo adalah anak-anak dari penyintas tragedi kemanusiaan di Sampang 8 tahun silam.

Anak-anak usia sekolah saat ini bersekolah di SDN Jemundo 1 dan SDN Taman. Sedangkan kelompok usia dini berkegiatan di area rusunawa dan didampingi relawan.

Saat ini relawan kelas Tunas secara reguler mendampingi proses belajar tiap Sabtu dan Minggu untuk kelompok usia dini dan sekolah dasar.

BACA JUGA :   Kampung Ilmu, Jalan Semarang

Gotong Royong “Fundraising dan Open Donation” untuk Jemundo

Berakhirnya PSBB tentu akan berdampak bagi anak-anak yang bersekolah. Ketersediaan APD standar akan sangat mereka butuhkan untuk kembali masuk sekolah di era kelaziman baru (new normal).

Nera Academia dan Kelas Tunas digerakan oleh relawan secara swadaya. Kebutuhan APD diatas tidak bisa kami tangani sendiri. Kami harus mengakui, sumber daya finansial kami terbatas, maka kami dalam kesempatan ini membuka kesempatan untuk bergotong royong.

Fundraising dan Open Donation ini cara bergotong-royong. Kami akan menjaga kepercayaan dengan transparansi donasi yang secara berkala kami publish pada media sosial kami.

Jika Anda mau terlibat bersama kami dalam aksi ini silahkan hubungi Rani Puspita S 08999815011 atau Achiles Wangsit 081231482035. Informasi lainnya silakan dicek melalui : Instagram : @neraacademia, FBpage : neraacademia dan www.idenera.com

Sudah dibaca 7 , Hari ini 1 

Please share,