HomeAKSIGhorby, mahasiswa UKDC pertama yang menjabat ketua GMKI Surabaya

Ghorby, mahasiswa UKDC pertama yang menjabat ketua GMKI Surabaya

AKSI LIPUTAN MITRA KARYA PERSONA 0 0 likes 924 views

Ghorby, bergitu biasanya ia dipanggil. Perwakannya  semampai dengan warna kulit sawo matang.  Rambut gondrong dengan gaya “shagy” dipadu dengan celana jins lusuh yang sengaja di sobek pada bagian lututnya jadi gaya khasnya sehari hari. Daypack besar dipikul kemana-mana, menambah kesan hippie pada dirinya.

Malam minggu, pukul 20.00, tanggal 13 Januari 2018 ia tampil beda dari biasanya.  Menggunakan kemeja batik, celana kasual dan paduan sepatu hiking memunculkan kesan eksentrik . Rambut gondong yang biasanya acak-acakan, malam ini terlihat tertata rapih di padu dengan baret biru bergaris perak dengan pin bertuliskan GMKI.

Baret biru dipadu dengan medali yang tergantung dileher tanda peristiwa penting malam itu. Terlihat sudah banyak tamu berdatangan, begitu pula rekan-rekannya yang terlihat sibuk menyapa tamu yang berdatangan ke Student Center GMKI di jalan Tegalsari Surabaya. Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Surabaya malam ini punya acara besar.

Baca juga : Penutupan Sekolah Ansos 2017: Berdampak dan terlibat mengatasi kesenjangan

GMKI Surabaya

Gorby, bersama jajaran pengurus GMKI Surabaya periode 2018-2019. Foto : Dok.GMKI

Saatnya yang ditunggu-tunggu tiba. Ghorby bersama Enos Patiung dipanggil ke depan oleh  pemandu acara. Tampak pula, Korneles Galanjinjinay; Ketua Bidang Organisasi Presidium Pusat GMKI. Malam ini Ghorby Sugianto akan dilantik jadi Ketua Cabang GMKI Cabang Surabaya periode 2018-2019. Ia terpilih secara demokratis dalam Konferensi Cabang GMKI yang digelar seminggu sebelumnya.

Saat menyampaikan pidato perdananya sebagai Ketua GMKI, tak terlihat lagi Ghorby yang seperti biasanya. Langkahnya tegak dan terlihat berwibawa. Dengan suara lantang, dia memulai pidatonya.

“Saya mengajak kawan-kawan berpihak. Berpihak pada masyarakat yang lemah dan tertindas, berpihak pada perempuan yang tertindas, berpihak  dan berjuang bagi bumi yang kian rusak”

Ghorby dalam pidato pelantikanya mengajak generasi muda dan gerakan mahasiswa berpihak dan terus-menerus dalam menyuarakan  masyarakat  kecil yang terpinggirakan dan tertindas. Baginya, terlibat dalam aksi nyata, gerakan yang menyentuh persoalan rakyat dan alam merupakan citra diri gerakan mahasiswa.

Matilda, Ketua PMKRI Surabaya yang berpidato mewakili organisasi gerakan mahasiswa di Surabaya, berharap gerakan mahasiswa terus menjalin kerjasama  agar mampu berkontribusi bagi masyarakat. Matilda dalam pidatonya berharap GMKI dibawah kepemimpinan baru mampu menjaga konsistensi gerakan mahasiswa.

“Sebagai organisasi kepemudaan dan gerakan, kita harus terus menerus bergerak bersama dan terus melakukan kaderisasi agar selalu siap terlibat dalam pelayanan dan perutusan sosial kemasyarakatan”.

Bradle Nainggolan, ketua GMKI periode sebelumnya terlihat bersemangat mendengarkan pidato Gorby dan Matilda. Brad begitu ia disapa, merasa lega; paling tidak GMKI dimasa satu tahun kedepan mendapatkan nahkoda baru dan didukung kader-kader yang setia belajar dan berproses.

Baca juga : Indonesia, Negeri Imajinasi

Nera Academia

Ghorby bersama teman-teman Nera Academia saat mengikuti Sekolah Analisa Sosial tahun 2017. Foto: Dok @neraacademia

Lya Adonara dan Ria tekat yang hadir mewakili Nera Academia yakin Ghorby telah belajar banyak hal dan ia  layak diberi tanggungjawab yang lebih besar. Sosok Gorby, dibalik hal konyol yang sering dilakukanya adalah pribadi setia berproses dan mau terus belajar; setidaknya itu kesan mereka selama berproses bersama di Nera Academia dari tahun 2014.

“Ghorby punya kesempatan belajar menjadi pemimpin dan itu tidak boleh disia-siakan. Saya yakin dengan kapasitas yang selama ini dia pelajarai di UKDC, GMKI dan Nera Academia, ia mampu menjawab tantang-tantang di masa kepemimpinannya” ungkap Lya, Kordinator Nera Academia.

Tantangan, siap menanti Ghorby selama setahun kedepan. Agenda organisasi akan penuh, apa lagi bersamaan dengan penyelenggaraan pemilihan gubernur Jawa timur dan Pemilu Preseiden tahun 2019.  Ia juga akan berjuang melanjutkan kuliahnya di Fakultas Arsitektur Universitas Katolik Dharma Cendika Surabaya yang beralamat  Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No.201 Surabaya ini . Kampusnya UKDC  akan tercatat dalam sejarah GMKI Surabaya,  Ghorby  jadi mahasiswa UKDC pertama yang menjabat ketua GMKI Surabaya.

Please share,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *