HomeAKSIKOMUNITASTidak Mudah Mengembangkan Credit Union di Kota Surabaya
Credit Union (CU)

Tidak Mudah Mengembangkan Credit Union di Kota Surabaya

KOMUNITAS LIPUTAN WARGA 0 0 likes 313 views

Credit Union (CU) Prima Danarta sudah berusia 11 tahun. Asetnya mencapai 30 miliar rupiah dengan jumlah anggota sebanyak 3.022 orang, tersebar di wilayah Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik.

 

Elisabeth Supriharyanti, Ketua Pengurus CU Prima Danarta berharap dengan bertambahnya usia, CU Prima Danarta mampu berdampak pada  peningkatan kualitas hidup anggota. Hal ini disampaikannya dalam acara Pra Rapat Anggota Tahunan (Pra-RAT) Minggu 14/10/18, di Surabaya.

“Satu hal yang kita lihat tabungan anggota meningkat dan semangat kerelawanannya juga meningkat,” kata Elisabeth.

Kesadaran anggota juga dirasa semakin baik karena sudah semakin banyak anggota yang mau menjadi relawan di komunitas-komunitas. Para anggota juga memiliki kesadaran kolektif untuk bergabung dalam kelompok-kelompok usaha. Mereka  secara mandiri membangun jaringan antar anggota.

BACA JUGA :   Tanpa kedaulatan ekonomi, Kemajuan Indonesia hanya utopia

“Juga ada peningkatan kesadaran akan lingkungan hayati dan kehidupan sosial yang merupakan faktor penting bagi kualitas hidup,” jelas Elisabeth.

Namun Pengurus CU Prima Danarta juga tidak menampik tantangan-tantangan yang dihadapi. Menghidupi nilai Credit Union di perkotaan tidaklah mudah.

Warga kota memiliki intensitas kesibukan yang sangat tinggi. Maka ciri individualisnya sangat kuat,  padahal CU mengedepankan prinsip kooperatif. Prinsip kooperatif itu mensyaratkan pertemuan tatap muka dan kerjasama yang baik antar anggota.

Untuk mengatasi hal itu, CU Prima Danarta mengadopsi dan mengembangkan teknologi informasi untuk mempermudah pelayanan. Teknologi itu nantinya akan berbentuk aplikasi pada smartphone yang bisa diakses semua anggota dan manajemen.

BACA JUGA :   Wahyu Mahatara : Struktur sosial dan sejarah bangsa dipengaruhi oleh kondisi ekonomi

Simak wawancaranya dalam video berikut : 

 

Undik, warga kota Surabaya sudah menjadi anggota CU Prima Danarta selama 11 tahun.  Ia mengakui bahwa  CU sangat membantunya  dalam pengembangan bisnis online barang elektronik yang sudah berjalan selama 10 tahun.

“Dulu saya cuma reseller. Sekarang sudah punya gudang sendiri,” kata Undik.

Ibu Farida, warga Wonokromo Surabaya juga telah menjadi anggota CU selama tujuh tahun. Ia  bersyukur karena teman-temannya dahulu memperkenalkan CU.  Usaha Tahu Tek Jago yang dikembangkannya semakin maju karena didampingi dan dibantu sesama anggota CU.

“Woh, enak sekali.  Karena ekonomi saya semakin membaik. Dulu saya bukan siapa-siapa, sekarang punya usaha sendiri,” kata Ibu Farida.

BACA JUGA :   Arsitektur dan Lingkungan Berperan Besar dalam Pendidikan

Ibu Farida juga mengatakan dengan menjadi anggota CU,  ia sudah memiliki tabungan dan bisa meminjam modal untuk pegembangan usaha.

Undik dan Ibu Farida berharap CU terus mendampingi anggotanya dengan memberikan pelatihan-pelatihan agar mereka mampu mengembangkan bisnis. Mereka juga berharap CU Prima Danarta terus berbenah agar semakin mampu memberikan pelayanan prima dan membantu anggota-anggotanya dalam meningkatkan kualitas hidup secara bersama-sama.

Please share,