HomeKAMIMengenal Nera Academia dan www. Idenera.com
ide nera, nera academia

Mengenal Nera Academia dan www. Idenera.com

KAMI TENTANG 0 0 likes 914 views

NERA ACADEMIA sebelumnya bernama NERA HKY. Awal mulanya dibentuk tahun 2008 sebagai lembaga diskusi dengan nama NERA HKY oleh Andre Yuris, Abner Raya, Ferdinand Oki dan Fransiskus Gandi. Nera HKY pada waktu itu mengadakan diskusi, penerbitan newsletter, dan blog www.nerahky.wordpress.com yang masih bisa diakses hingga saat ini.

Pada tahun 2012 Nera Academia mengalami reorganisasi menjadi lembaga sosial inklusif. Sejak saat itu, Nera HKY berubah nama menjadi NERA ACADEMIA. Sejak tahun 2013 sampai sekarang Nera Academia terbuka bagi siapapun yang berkhendak baik, dengan latar agama, suku, pendidikan, pekerjaan dan tingkat ekonomi apapun.

Aktifitas Nera Academia, secara regular mengadakan diskusi, pelatihan/studi dan workshop. Juga kerap dilibatkan sebagai fasilitator dalam kegiatan orang muda dan menginisiasi promosi/kampanye isu sosial kemasyarakatan. Nera Academia dalam menjalankan aktivitas mengandalkan swadaya atau hasil gotong royong relawan.

VISI DAN MISI

VISI: Orang muda yang dinamis, inklusif, kritis, setia berproses dan berdampak baik bagi masyarakat.

MISI:

  1. Menjadi teman dan mitra karya bagi orang muda.
  2. Menjadi ekosistem belajar yang kondusif bagi orang muda dalam mengembangkan kemampuan dan kapasitas.
  3. Meneliti, mendiskusikan dan mempromosikan isu-isu aktual dalam masyarakat
BACA JUGA :   10 tulisan terpopuler Idenera 2017

 

ISU STRATEGIS

Orang muda sejatinya harus bisa melakukan perubahan yang berdampak baik bagi orang lain. Dampak baik yang dimaksud bisa dalam bentuk apapun sesuai dengan potensi dan keahlianya masing-masing. Namun dalam kenyatanya orang muda dewasa ini sering kali menjadi pesimis dan enggan menunjukan potensinya ketika melihat orang lain berhasil melakukan perubahan yang jauh lebih besar. Hal ini juga dikarenakan oleh kurangnya media yang mewadahi dan mengapresiasi potensi-potensi yang ada.

Nera Academia adalah komunitas yang sejak awal berdirinya berniat untuk menjadi wadah yang bisa mengakomodasi potensi-potensi orang muda. Dalam Nera Academia orang-orang muda bisa berproses, belajar, berbagi ilmu dan mengaktualisasikan diri agar potensi yang dimiliki bisa berdampak bagi sesamanya. Untuk itu Nera Academia terbuka bagi siapapun sehingga bisa menjangkau lebih banyak orang yang berkehendak baik,turun tangan dan berdampak baik bagi diri dan lingkungan.

BACA JUGA :   Kenapa Kami Menerbitkan Buku Merawat Ingatan Merajut Kemanusiaan?

NAMA DAN MOTTO

Kata Nera diambil dari bahasa Manggarai yang artinya cahaya merona, biasanya sebelum matahari terbit atau tenggelam. Kata Akademia diartikan sebagai seseorang yang berpendidikan dan terpelajar. NERA ACADEMIA di maknai sebagai kumpulan orang yang mau berbagi ilmu pengetahuan dan hasil belajarnya kepada orang lain yang membutuhkan secara cuma-cuma “ gratis seperti matahari”.

MOTTO : SOL LUCENT OMNIBUS, MATAHARI MENYINARI SEMUA ORANG

Nera Academia memiliki motto “Sol lucet omnibus” yang berarti matahari menyinari semua orang. Frasa ini dikutip dari karya Petronius (Filsuf Romawi jaman Kaisar Nero) Satiricon Liber. Motto ini menunjukan impian Nera Academia untuk bisa sama seperti matahari yang gratis. Karena ilmu pengetahuan sejatinya diterima secara cuma-cuma oleh siapapun yang mau keluar dan terpapar.

MITRA KARYA

Nera Academia menjalin kemitraan dengan : Cogito, Fakultas Filsafat Unika Widya Mandala Surabaya, Lesnika (Lembaga Studi Etnika), Universitas Katolik Darma Cendika Surabaya, PPM (Pastoral Pelayanan Mahasiswa) Keuskupan Surabaya, PMKRI (Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia) Surabaya, UKM Seni Rupa (SERU) UKDC, UKMK UNITOMO, Teater Kusuma UNTAG Surabaya, Akar Teki Indonesia, LPM Acta Surya Stikosa AWS, Angkringan Mbah Cokro, LPM Solidaritas UINSA Surabaya, Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta (STKW) Surabaya, GEMA Adonara Surabaya, Sanggar Al Faz, Komunitas Jemundo, SDN Kebonagung Bojonegoro, SMPK St. Louis Cepu dan GMKI Cab Surabaya, Prajurit Pelangi, Sapta Dharma Surabaya.

BACA JUGA :   Sebuah refleksi tentang film Wage : Pahlawan tanpa pedang dan senapan

WWW. IDENERA.COM

IDENERA merupakan ruang dialog ide, gagasan, aksi dan karya personal maupun komunitas. Dikembangkan secara swadaya oleh NERA ACADEMIA dan didukung oleh beberapa komunitas, lembaga studi, akademisi dan mitra karya. IDENERA, juga membuka kesempatan bagi siapapun menjadi kontributor.

Tulisan dapat berupa narasi dan esai : filsafat, budaya, lingkungan dan Seni. Juga reportase kegiatan komunitas dan feature. Tulisan dikirim ke : neraacademia@gmail.com, dan akan dikurasi oleh editor sebelum ditayangkan.

 

Nera Academia dapat di hubungi melalui :

Facebook : Nera Academia. IG. @neraacademia. Email : neraacademia@gmail.com

website : www.idenera.com

Hosting Unlimited Indonesia
Please share,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *