Ratusan Pelajar Tulis Surat Agar Calon Presiden Selamatkan Sungai

Kondisi sungai di Sidoarjo memprihatinkan, banyak sampah plastik mencemari Kali Porong. Itulah yang mendorong 500 pelajar SMA Negeri 1 Krembung, River Warrior, dan Ecoton menulis surat untuk Calon Presiden Republik Indonesia (RI) tahun 2024 agar serius mengatasi masalah sampah plastik.

163 0
500 pelajar SMA Negeri 1 Krembung, River Warrior, dan Ecoton menulis surat untuk Calon Presiden Republik Indonesia (RI) tahun 2024

Koordinator River Warrior, Aeshnina Azzahra Aqilani telah melakukan ekspedisi di Kali Porong. Ia menemukan banyak mikroplastik yang mencemari sungai. Partikel plastik berukuran kurang dari 5 mm itu meresap ke dalam tubuh ikan dan menyatu dengan sedimen.

“Harus ada kepedulian dari Calon Presiden RI mendatang untuk menyelamatkan sungai dari kerusakan. Karena, Kali Porong bagian dari Sungai Strategis Nasional,” katanya, pada Senin, 15 Januari 2024.

Kali Porong merupakan sungai yang terletak 40 km dari sebelah selatan Surabaya. Sungai itu merupakan terusan Sungai Brantas di Kota Mojokerto yang mengalir ke arah timur dan bermuara di Selat Madura. 

Untuk menjaga Kali Porong dari pencemaran mikroplastik, Aeshnina mengirimkan surat pada Selasa, 16 Januari 2024 untuk Calon Presiden RI di Jakarta. Ia berharap surat itu mendapatkan balasan dari masing-masing Calon Presiden RI sebagai bentuk keseriusan menangani masalah sampah plastik di Indonesia.

“Kami sangat berharap Calon Presiden RI memprioritaskan problem sampah plastik. Membuat penyelesaian dari hulu, mendorong penduduk Indonesia menerapkan gaya hidup Reduce dan Reuse,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa Calon Presiden RI harus memiliki komitmen untuk melindungi bumi, mengurangi laju deforestasi, menjaga laut dari sampah plastik, dan menjaga sungai-sungai dari pencemaran limbah industri yang menjamur di berbagai wilayah.

Di sisi lain, pelajar Kelas X SMA Negeri 1 Krembung, Dinda Dwi Retno mengatakan bahwa ratusan pelajar dari sekolahnya telah melakukan identifikasi masalah dan inventarisasi problem lingkungan di Sidoarjo, Jawa Timur.

“Masalah lingkungan yang saya temukan adalah membuang sampah sembarangan, membuang popok ke sungai, membuang sampah di jalan, membakar sampah hingga mengganggu kesehatan dan menimbulkan bau,” tuturnya.

Selama melakukan kegiatan itu, mereka menemukan 5 masalah lingkungan di Sidoarjo, seperti sungai tercemar akibat sampah plastik dan limbah pabrik, pembakaran sampah plastik yang mencemari udara hingga menimbulkan aroma tidak sedap.

Berikutnya, banyak sampah impor yang ditemukan di pemukiman warga, mereka juga menemukan pembakaran sampah elektronik, hilangnya kawasan hijau, dan meningkatnya aktivitas deforestasi.

Begitu banyak pencemaran udara akibat emisi kendaraan bermotor dan meningkatkan pemanasan global akibat krisis iklim. Pelajar Kelas XI SMA Negeri 1 Krembung, Dian Rahma dan ratusan pelajar lainnya antusias menulis surat untuk Calon Presiden RI. Sebagai Generasi Z, ia menaruh harapan tinggi untuk pemulihan kerusakan lingkungan di Indonesia.

“Pemuda memiliki keinginan untuk membebaskan sampah plastik yang berserakan. Khususnya, mikroplastik yang mencemari sungai di Sidoarjo,” tegasnya.

Editor: Rangga Prasetya Aji Widodo

Please share,
Andre Yuris

Jurnalis Idenera.com, Photojournalist, dan Fact Checker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *